PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah)
Vol 7, No 4 (2019): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah)

Hubungan Sikap Sosial dengan Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas XI IPS SMAN 1 Natar

Desi Wulan Dari (Unknown)
Ali Imron (Unknown)
M. Basri (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Aug 2019

Abstract

The objective reserch was used to find out whether there is a positive and sigificant relationship betwee sosial attitudes and history learning outcomes in Academic Year 2018/2019. The survey method was used in this study, data collection techniques used include: observation, questionnaires, and documentation and literature. Quantitative data analysis techniques used are Jaspen Correlation Coefficient (M) and Jaspen Correlation Coefficient Stastictical Tes (M). Data analysis and hypothesis testing obtained that there is a relationship between Social Attitudes with Historical Learning Outcomes of Class XI IPS Students of SMA 1 Natar Academic Year 2018/2019. It shows a positive relationship, namely the higher the value of social attitudes, the higher the value of historycal learning outcomes.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang positif dan signifikan antara Sikap Sosial dengan Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas XI IPS SMAN 1 Natar Lampung Selatan Tahun Ajaran 2018/2019. Metode yang digunakan adalah metode survei, adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, dan dokumentasi serta kepustakaan. Teknik analisis data adalah teknik analisis data kuantitatif dengan menggunakan Koefesien Korelasi Jaspen’s (M) dan Uji Statistik Koefisien Korelasi Jaspen’s (M).Hasil analisis data dan pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara Sikap Sosial dengan Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas XI IPS SMAN 1 Natar Tahun Ajaran 2018/2019. Hubungan tersebut menunjukkan suatu hubungan yang positif yaitu semakin tinggi nilai sikap sosial semakin tinggi pula nilai hasil belajar sejarah.Kata kunci: hasil belajar, hubungan, sikap sosial

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

PES

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) adalah blind and peer-reviewed journal yang mempublikasikan artikel-artikel ilmiah dari disiplin ilmu Pendidikan Sejarah. Artikel-artikel yang dipublikasikan di PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) meliputi hasil penelitian. PESAGI ...