PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah)
Vol 2, No 3 (2014): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah)

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERFIKIR (SPPKB) DALAM PEMBELAJARAN IPS TERPADU

Dela Hapmita (Unknown)
Syaiful M (Unknown)
Suparman Arif (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 May 2014

Abstract

The aim of this study to determine the planning, implementation and evaluation of learning using SPPKB strategies in integrated social learning classroom in 8th grade of MTs NU in 2013/2014. This research is used descriptive method. Data Collecting technique are participant observation, documentation, and literature. Qualitative data technique is qualitative data analysis. Based on the result of this research, it can be conclude that in addition to prepare lesson plans used in general, planning should be done in SPPKB teacher is doing the orientation phase and prepare the questions as a key material in the track of the implementation process of learning. Then the first implementation process of learning. Then the first implementation SPPKB, by teaching the confrontation, grup formation structuring space, inquiry, accommodation, transfer and the evaluation  correct to use in SPPKB with performance assessment. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran menggunakan Strategi SPPKB dalam pembelajaran IPS Terpadu kelas VIII MTs Nahdlatul Ulama Krui Tahun Ajaran 2013-2014. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Deskriptif. Teknik pengumpulan datanya dengan observasi partisipan, dokumentasi, dan kepustakaan. Teknik analisis data nya dengan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa selain dengan mempersiapkan perencanaan pembelajaran yang digunakan pada umumnya, perencanaan yang harus dilakukan guru dalam SPPKB adalah melakukan tahap orientasi dan mempersiapkan pertanyaan-pertanyaan sebagai bahan untuk melakukan tahap pelacakan pada proses pelaksanaan pembelajaran. Kemudian pelaksanaan SPPKB yang pertama dilakukan adalah dengan tahap pelacakan, konfrontasi, pembentukan kelompok, penataan ruang, inkuiri, akomodasi,  transfer  dan bentuk evaluasi yang tepat untuk digunakan dalam SPPKB adalah dengan penilaian unjuk kerja. Kata kunci: penerapan, peningkatan kemampuan berfikir, strategi pembelajaran

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

PES

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) adalah blind and peer-reviewed journal yang mempublikasikan artikel-artikel ilmiah dari disiplin ilmu Pendidikan Sejarah. Artikel-artikel yang dipublikasikan di PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) meliputi hasil penelitian. PESAGI ...