PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah)
Vol 7, No 6 (2019): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah)

Perbandingan Hasil Belajar Sejarah Menggunakan Model Pembelajaran TGT dan STAD

Susi Susanti (Unknown)
Maskun Maskun (Unknown)
Suparman Arif (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2019

Abstract

The purpose of this research is to know the difference in results of historical learning using TGT and STAD models of students in grade X IPS SMAN 1 Bengkunat school year 2018/2019.The method used is the experimental Quasi with the design Posttest-only Control Design. Based on data analysis using the T-Test sample independent obtained the result Tcount = 2.753 whereas Ttable = 1.671 means TcountTtable there are differences in the results of historical learning using TGT and STAD models of students in grade X IPS SMAN 1 Bengkunat.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan hasil belajar sejarah menggunakan model pembelajaran TGT dan STAD pada siswa Kelas X IPS SMAN 1 Bengkunat Tahun Ajaran 2018/2019. Metode yang digunakan adalah metode Quasi Eksperimen dengan desain Posttest-only Control Design. Berdasarkan analisis data menggunakan rumus t-test sample independent diperoleh hasil thitung = 2,753 sedangkan ttabel = 1,671 berarti thitungttabel artiannya terdapat perbedaan hasil belajar sejarah menggunakan model pembelajaran TGT dan STAD pada siswa Kelas X IPS SMAN 1 Bengkunat.Kata kunci: perbandingan, tgt, stad

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

PES

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) adalah blind and peer-reviewed journal yang mempublikasikan artikel-artikel ilmiah dari disiplin ilmu Pendidikan Sejarah. Artikel-artikel yang dipublikasikan di PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) meliputi hasil penelitian. PESAGI ...