PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah)
Vol 7, No 7 (2019): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah)

Renville Sebagai Usaha Mewujudkan Kedaulatan Republik Indonesia Tahun 1948-1950

Luktiani, Luktiani (Unknown)
Imron, Ali (Unknown)
Susanto, Henry (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Jan 2020

Abstract

The objective of this study was to determine the supporting and the inhibiting factors of Renville Agreement as an effort to achieve the sovereignty of the Republic of Indonesia in 1948-1950. The method used in this study was historical research method.  The data collecting techniques were done through documentation and library research.  The data analysis technique in this study was carried out using a qualitative data analysis technique.  Based on the discussion above, the author concluded that Renville as an Effort to Achieve the Sovereignty of the Republic of Indonesia is part of the history of Indonesian politics to fight for sovereignty in the eyes of the world. Both of the efforts were done through diplomatic channel and the help of the World Security Council to create peace in this world.Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk daya dukung dan saya hambat renville sebagai usaha mewujudkan kedaulatan republik Indonesia tahun 1948-1950. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian sejarah (historis). Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik teknik dokumentasi, dan teknik kepustakaan. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik analisis data kualitatif. Berdasarkan pembahasan di atas penulis mengambil kesimpulan Renville Sebagai Usaha Mewujudkan Kedaulatan Republik Indonesia merupakan sejarah politik Indonesia dalam upaya memperjuangkan kedaulatan di mata dunia. Baik melalui jalur diplomatik dan peran dewan keamanan dunia untuk membuat perdamaian di dunia.Kata kunci: kedualatan, renville, usaha

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

PES

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) adalah blind and peer-reviewed journal yang mempublikasikan artikel-artikel ilmiah dari disiplin ilmu Pendidikan Sejarah. Artikel-artikel yang dipublikasikan di PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) meliputi hasil penelitian. PESAGI ...