Promosi Rokok di Hindia-Belanda Tahun 1930-1942. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Promosi Strategi Pemasaran Rokok Kretek Tjab Bal Tiga Nitisemito Tahun 1930-1942. Metode yang digunakan dalam penelitian ini meliputi, penelitian historis dengan menerapkan empat tahapan yaitu: Heuristik, Kritik Interpretasi dan Historiografi. Sedangkan dalam teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah te knik analisis data kualitatif. Promosi menjadikan salah satu cara untuk mencapai suatu keberhasilan dalam usaha. Hal ini dibuktikan oleh Nitisemito yang berhasil membawa namanya menjadi orang yang berpengaruh pada saat itu sehingga Bapak Nitisemito dikenal dengan julukan “Raja Kretek”, karena produk rokoknya telah berhasil menguasai pemasaran rokok kretek di Jawa. Keberhasilan promosi nya membawa dampak meningkatnya penjualan rokok kretek Tjab Bal Tiga sehingga Nitisemito mampu meningkatkan status sosialnya di masyarakat. Kata kunci: hindia-belanda, Nitisemito, promosi, rokok, tjab bal tiga
Copyrights © 2021