Jurnal Ranah Publik Indonesia Kontemporer (Rapik)
Vol. 1 No. 2 (2021): Desember

Strategi Pemasaran dalam Pengembangan Desa Wisata di Lantan Kabupaten Lombok Tengah

Nur Inzana (Universitas Muhammadiyah Buton)
Sry Mayunita (Universitas Muhammadiyah Buton)
Siti Hidayatul Jumaah (Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Mataram)



Article Info

Publish Date
19 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran dalam pengembangan desa wisata di Desa Lantan Kabupaten Lombok Tengah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data, yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan dibagi menjadi beberapa tahapan, yaitu pertama, tahapan analisis situasi melalui analisa SWOT dan analisa usaha pemasaran sebelumnya. Kedua, tahap penetapan tujuan, dimana tujuan pemasaran yang ada di Desa Lantan sudah tepat, spesifik, dan terukur. Ketiga, tahap perencanaan strategi, melalui identifkasi nilai-nilai budaya yang ada dan potensial, pemberdayaan potensi untuk dikembangkan, dan peningkatan koordinasi, infromasi, serta promosi. Keempat, tahap penentuan taktik dengan melobi kebijakan strategis yang dikeluarkan oleh Pemerintah Kecamatan. Kelima, tahap implementasi, yakni aksi dengan promosi melalui berbagai macam media.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

rapik

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Ranah Publik Indonesia Kontemporer (Rapik) is officially registered in the Centre for Data and Scientific Documentation (PDDI), Indonesia Institute of Science with ISSN Number 2808-0092 (online). This Journal is published biannually (July and December) by Indonesian Journal Publisher. RAPIK ...