Penelitian penerapan metode Applied Behavior Analysis (ABA) ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses penerapan ABA bagi anak autis yang dilaksanakan di kelas dasar Sekolah Khusus Negeri 1 Kendari. Jenis penelitian ini adalah deksriptif dengan menggunakan metode kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Khusus Negeri 1 Kendari pada kelas dasar anak usia 6-8 tahun. Subjek penelitian yaitu guru kelas yang menangani anak autis kelas dasar. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan metode ABA di kelas dasar Sekolah Khusus Negeri 1 Kendari menerapkan secara terpadu. Terpadu dari segi proses yang memadukan metode ABA dengan kurikulum sekolah, mulai dari fasilitas, kemudian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, proses persiapan sebelum pembelajaran, teknik pelaksanaan pembelajaran dan laporan hasil pencapaian anak. Meskipun penerapannya terpadu tetapi tidak menghilangkan proses dan teknik dari metode ABA.
Copyrights © 2021