JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Vol 11 No 2 (2021): JURNAL PENDIDIKAN MIPA

Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Berbasis Android Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Materi Sistem Ekskresi Di Kelas VIII SMP

Theresia Nona Elci (Universitas Nusa Nipa Indonesia)
Yohanes Bare (Universitas Nusa Nipa Indonesia)
Oktavius Yoseph Tuta Mago (Universitas Nusa Nipa Indonesia)



Article Info

Publish Date
14 Dec 2021

Abstract

Pandemi covid-19 berdampak pada berbagai bidang kehidupan manusia salah satunya bidang pendidikan, mengakibatkan pembelajaran di sekolah harus dilakukan secara online. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran biologi berbasis android menggunakan model pembelajaran problem based learning pada materi sistem ekskresi di kelas VIII SMP. Metode yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini mengacu pada prosedural model Borg & Gall yang menggunakan delapan dari sepuluh tahap tanpa mengurangi nilai dari penelitian dan pengembangan tersebut. Berdasarkan beberapa tahapan uji coba yang dilakukan para ahli : ahli materi (89,15), ahli bahasa (90), ahli media (87,13). Keseluruhan nilai rata-rata untuk validasi ahli memperoleh kriteria sangat valid. Uji kelayakan media oleh pendidik dan peserta didik : uji lapangan terbatas oleh pendidik (79) dan peserta didik (60,5). Uji lapangan lebih luas oleh pendidik (79,5) dan peserta didik (66,92). Uji kelayakan oleh pendidik (86) dan peserta didik (70,50). Keseluruhan nilai rata-rata pendidik dan peserta didik memperoleh kriteria kelayakan sangat layak. Penelitian ini memberikan manfaat positif bagi dunia pendidikan terutama di masa pandemi covid-19 yaitu memudahkan peserta didik untuk mendapatkan materi bahan ajar, meningkatkan kemampuan belajar mandiri peserta didik, aplikasi tersebut mudah digunakan dan bisa di bawa kemanapun.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan MIPA STKIP Taman Siswa Bima, terbit 2 kali setahun dengan edisi Januari–Juni dan Juli-Desember. Sebagai media informasi, pemikiran dan hasil penelitian yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan ...