Jurnal Membaca Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 6, No 2 (2021): Jurnal Membaca (Bahasa dan Sastra Indonesia)

EVALUASI PROGRAM MODEL CIPP PADA PROSES PEMBELAJARAN MKU BAHASA INDONESIA

Yuliarti Yuliarti (Jurusan Sistem Informasi STMIK Palangka Raya)
Erwin Salpa Riansi (Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Untirta)
Achmad Sultoni (Prodi Desain Komunikasi Visual, Institut Teknologi Telkom Purwokerto)
Suhailee Sohnui (Prodi S3 Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Sebelas Maret)
Sumarwati Sumarwati (Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
16 Nov 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi model CIPP (Contexs, Input, Prosess, Product) yang diterapkan di UNTIRTA, mengevaluasi hasil belajar mahasiswa pada MKU Bahasa Indonesia dan mendeskripsikan keefektifan pembelajaran MKU Bahasa Indonesia menggunakan evaluasi model CIPP di UNTIRTA. Efektif atau tidak dalam pembelajaran ditunjukkan dari hasil ketercapaian pembelajaran dibandingkan dengan pembelajaran sebelumnya. Jenis Penelitian ini menggunakan kualitatif, untuk mencapai hasil pembelajaran yang efektif evaluasi model CIPP perlu dilakukan. Sumber data penelitian yaitu dosen MKU Bahasa Indonesia, wakil bidang kurikulum, serta Ketua prodi. Observasi, wawancara dan dokumentasi merupakan metode pengumpulan data yang digunakan. Hasil observasi dianalisis secara kuantitatif, sedangkan data dari dokumentasi dan wawancara dianalisis kualitatif deskriptif. Berdasarkan data dalam penelitian ini dihasilkan penelitian evaluasi CIPP dalam pembelajaran MKU Bahasa Indonesia telah memenuhi syarat pelaksanaan dan pembelajaran cukup efektif.

Copyrights © 2021