Jurnal Membaca Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 6, No 2 (2021): Jurnal Membaca (Bahasa dan Sastra Indonesia)

TUTURAN PERINTAH GURU DENGAN METODE AUDIO LINGUAL UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BERBICARA

Devi Hari Fitriya Ningsih (Universitas Muhammadiyah Malang)
Gigit Mujianto (Universitas Muhammadiyah Malang)



Article Info

Publish Date
16 Nov 2021

Abstract

Tuturan perintah guru digunakan untuk mengondisikan proses pembelajaran dan menghimbau peserta didik untuk melakukan sesuatu. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui bentuk tuturan perintah guru yang berupa kalimat imperatif dalam pembelajaran yang menggunakan metode audio lingual untuk mengembangkan keterampilan berbicara peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan tuturan perintah guru dan metode audio lingual. Metode dalam penelitian yaitu kualitatif. Sumber data penelitian ini yaitu video pembelajaran “Analisis Teks Editorial Kelas XII SMKN 1 Pasuruan”. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik simak-catat. Teknik analisis data dilakukan dengan cara pertama menonton video pembelajaran “Analisis Teks Editorial Kelas XII SMKN 1 Pasuruan” di youtube. Kedua, mencatat semua dialog yang terdapat dalam video “Analisis Teks Editorial Kelas XII SMKN 1 Pasuruan”. Ketiga menentukan dialog yang sudah dicatat berdasarkan teori tuturan perintah guru dan metode audio lingual. Keempat mengaitkan data yang ditemukan dengan teori yang diguanakan. Kelima mendeskripsikan bentuk tuturan perintah guru yang terdapat di dalam video video “Analisis Teks Editorial Kelas XII SMKN 1 Pasuruan”. Hasil dari penelitian ini yaitu bentuk tuturan perintah guru ada 4 yaitu berupa kalimat imperatif suruhan, permintaan, imbauan dan ajakan serta teknik metode audio lingual yang digunakan dalam pembelajaran digunakan untuk mengembangkan keterampilan berbicara.

Copyrights © 2021