Instructional Development Journal
Vol 4, No 3 (2021): IDJ

Kontribusi Motivasi Kerja dan Kecerdasan Sosial terhadap Kepuasan Kerja Guru SD Kecamatan Sinaboi Kabupaten Rokan Hilir

Suardi Suardi (Universitas Riau)
Isjono Isjoni (Universitas Riau)
Caska Caska (Universitas Riau)



Article Info

Publish Date
19 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kontribusi motivasi kerja dan kecerdasan sosial terhadap kepuasan kerja guru SD Kecamatan Sinaboi Kabupaten Rokan Hilir. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dan metode Survey dengan teknik korelasional (correlational resarch). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner dengan 117 responden dari 132 orang guru SD Kecamatan Sinaboi Kabupaten Rokan Hilir yang dipilih secara acak sebagai sampel menggunakan rumus Slovin. Metode penelitian dilakukan yaitu responden memberikan tanggapan terhadap kuesioner dalam bentuk skala likert yang terdiri dari lima pilihan jawaban yaitu Sangat Setuju, Setuju , Ragu-Ragu, Tidak Setuju, dan Sangat Tidak Setuju. Analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan inferensial. Berdasarkan dari analisis data ditemukan kontribusi positif variabel motivasi kerja terhadap kepuasan kerja SD Kecamatan Sinaboi Kabupaten Rokan Hilir adalah 21,1%, sedangkan sisanya sebesar 78,9% ditentukan oleh faktor lain yang tidak menjadi bagian dari penelitian ini; selanjutnya, ditemukan kontribusi positif variabel kecerdasan sosial terhadap kepuasan kerja SD Kecamatan Sinaboi Kabupaten Rokan Hilir adalah 24,1%, sedangkan sisanya sebesar 75,9% ditentukan oleh faktor lain yang tidak menjadi bagian dari penelitian ini; dan ditemukan kontribusi positif variabel motivasi kerja dan kecerdasan sosial terhadap kepuasan kerja SD Kecamatan Sinaboi Kabupaten Rokan Hilir adalah 32%, sedangkan sisanya sebesar 68% lagi ditentukan oleh faktor lain yang tidak menjadi bagian dari penelitian ini.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

IDJ

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Instructional Development Journal (IDJ) (2657-1536) pertama kali pada tahun 2018 diterbitkan oleh Center for Instructional Development (CiD) Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Instructional Development Journal (IDJ) terbit 2 (dua) kali setahun pada bulan Juli dan Januari, berisi ...