Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti
Vol 8 No 2 (2021)

URGENSI PENDIDIKAN INKLUSIF DALAM MEMBANGUN EFIKASI DIRI GURU SEKOLAH DASAR

Minsih (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Muhamad Taufik (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Ummi Tadzkiroh (Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
18 Nov 2021

Abstract

Masalah dari penelitian ini yaitu guru di SD Muhammadiyah Alam Surya Mentari (Jajar, Kecamatan Laweyan, Kota Surakarta) , SD Alfirdaus (Surakarta), dan SD Lazuardi Kamila (Banjarsari, Surakarta) yang mengajar di sekolah inklusi setiap hari mengajar siswa anak berkebutuhan khusus yang berbeda-beda mengalami kendala ketika beradaptasi dengan anak berkebutuhan khusus sehingga guru harus harus memiliki efisikasi diri. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan urgensi pendidikan inklusif dalam membangun efikasi diri guru. Metode yang dipakai yaitu metode penelitian kualitatif menggunakan desain fenomenologi melalui wawancara, dokumentasi, dan focus group discussion. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan sistem penyelenggaraan Pendidikan inklusif dapat mendorong para guru termasuk kelas untuk memiliki efikasi diri yang baik dalam dan mendidik membimbing anak berkebutuhan khusus. Efikasi diri yang baik akan turut mempengaruhi hasil yang baik pula.Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada 4 aspek yang dapat mendorong efikasi diri guru pada penyelenggaraan Pendidikan inklusif, diantaranya adalah: 1) Budaya sekolah, 2) Perilaku/sikap guru, 3) Kompetensi guru, 4) Partisipasi dan kolaborasi. Kerjasama antara guru dengan seluruh stakeholder termasuk masyarakat secara berkesinambungan dapat membangun efikasi diri guru.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jil

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti merupakan salah satu jurnal yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Ruang lingkup dan fokus publikasi pada bidang pendidikan, pembelajaran, media pembelajaran, TIK dalam pendidikan dan pembelajaran, manajemen pendidikan, pendidikan dasar, ...