Tujuan dari penelitian ini, yaitu meningkatkan kemampuan guru dalam menulis dan mempublikasikan artikel ilmiah. Pendekatan yang digunakan berupa pendekatan kolaboratif, Metode yang digunakan dalam pelatihan meliputi: 1) Metode Pemaparan Ahli; 2) Diskusi; 3) Tanya Jawab; 4) Praktik Langsung; 5) Pemaparam hasil diskusi dan pemberian feed back. Mitra kegiatan ini adalah guru-guru SD di SDN Laweyan Surakarta. Terdapat 15 guru SD. Hasil pengabdian menunjukkan hasil rata-rata nilai pre test adalah 59,5 dengan jumlah ketuntusan 2 (48, 33 5 %) dari 15 guru. Sedangkan untuk nilai postest rata-rata nilai peserta adalah 78,5 dengan jumlah ketuntusan 7 (83,33 %) dari 15 guru. Oleh karena itu dapat disimpukan, bahwa melalui pengbidan ini dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menulis dan mempublikasikan artikel ilmiah
Copyrights © 2021