Jurnal Didaktika Dwija Indria
Vol 9, No 5 (2021): Didaktika Dwija Indria

KETERAMPILAN PENULISAN DAN PUBLIKASI ARTIKEL ILMIAH MELALUI METODE LESSON STUDY GURU SD LAWEYAN SURAKARTA

Sukarno Sukarno (Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini, yaitu meningkatkan kemampuan guru dalam menulis dan mempublikasikan artikel ilmiah. Pendekatan yang digunakan berupa pendekatan kolaboratif, Metode yang digunakan dalam pelatihan meliputi: 1) Metode Pemaparan Ahli; 2) Diskusi; 3) Tanya Jawab; 4) Praktik Langsung; 5) Pemaparam hasil diskusi dan pemberian feed back. Mitra kegiatan ini adalah guru-guru SD di SDN Laweyan Surakarta. Terdapat 15 guru SD. Hasil pengabdian menunjukkan hasil rata-rata nilai pre test adalah 59,5 dengan jumlah ketuntusan 2 (48, 33 5 %) dari 15 guru. Sedangkan untuk nilai postest rata-rata nilai peserta adalah 78,5 dengan jumlah ketuntusan 7 (83,33 %) dari 15 guru. Oleh karena itu dapat disimpukan, bahwa melalui pengbidan ini dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menulis dan mempublikasikan artikel ilmiah

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JDDI

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini membahas tentang hal-hal yang terkait dengan bidang Ke SD an. Beberapa hal yang menjadi bahan kajian dalam jurnal ini yakni metode pembelajaran, model pembelajaran, Teknologi pembelajaran, media pembelajaran, majanemen sekolah, bahan ajar sekolah ...