Edusentris: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran
Vol 1, No 2 (2014): Juli

PENGEMBANGAN DAN PENERAPAN INSTRUMEN DIAGNOSTIK TWO-TIER DALAM MENGIDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA TENTANG ATOM DAN MOLEKUL

Laili Rachmawati (Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
28 Jul 2014

Abstract

Bahan kajian utama dalam ilmu kimia adalah konsep. Sebagian besar konsep dalam ilmu kimia berupa konsep abstrak. Dalam pembelajaran sains, konsep abstrak sangatlah sulit dipahami sehingga memungkinkan terjadinya miskonsepsi. Salah satu konsep abstrak dalam ilmu kimia adalah konsep atom dan molekul. Dari berbagai penelitian menunjukkan siswa SMA masih mengalami kesulitan memahami konsep atom dan molekul dan banyak miskonsepsi yang ditemukan pada konsep ini. Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan instrumen diagnostik two-tier dan mengidentifikasi miskonsepsi siswa tentang konsep atom dan molekul. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif yang dilakukan di SMA Negeri X Malang dengan subjek penelitian sebanyak 133 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan berupa instrumen diagnostik two-tier dengan jumlah soal sebanyak 15 soal, yang memiliki tingkat kevalidan sebesar 91.67% dan nilaicronbach α-reliability sebesar 0.739. Berdasarkan hasil penelitian ini ditemukan 15 jenis miskonsepsi tentang atom dan molekul yang terdiri dari 11 jenis miskonsepsi tentang konsep atom dan 4 jenis miskonsepsi tentang konsep molekul.Kata kunci: atom dan molekul, two-tier, miskonsepsi

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

edusentris

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Edusentris, the Journal of Teaching and Education Studies, is published by Center for Development and Publication of Scientific Work, School of Postgraduate Studies, Universitas Pendidikan Indonesia, on March, July and December. It aims to stimulate research, encourage academic exchange, and enhance ...