Edusentris: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran
VOL 4, NO 1 (2017): MARET

EFEKTIVITAS PENDIDIKAN GIZI MELALUI MEDIA VIDEO DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN GIZI ANAK USIA DINI

Adawiyah, Elya Robiatul (Unknown)
Kurniati, Euis (Unknown)
Romadona, Nur Faizah (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 May 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan media video dalam meningkatkan pengetahuan gizi anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode quasi experimen. Sampel pada penelitian ini berjumlah 60 anak berusia 5-6 tahun yang berasal dari dua sekolah berbeda dalam satu kelurahan, yaitu kelurahan Teluk Pucung Bekasi Utara Kota Bekasi. 30 anak sebagai kelompok eksperimen berasal dari PAUD YAIZNA dan 30 anak sebagai kelompok kontrol berasal dari RA. Srikandi II. Data diuji secara statistik menggunakan uji statistik Mann-Whitney U. Hasil penelitian pada kelompok eksperimen diperoleh peserta didik yang berada pada kriteria sangat menguasai 87%, cukup menguasai 10%, dan belum menguasai 3%. Sementara data posttest pada kelompok kontrol diperoleh peserta didik yang berada pada kriteria sangat menguasai 53%, cukup menguasai 27%, dan belum menguasai 20%. Selanjutnya hasil uji statistik menggunakan uji Mann-Whitney U diperoleh nilai signifikansi (Sig. (2-tailed)) < 0.05. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dari penggunaan media video terhadap peningkatan pengetahuan gizi pada anak kelompok eksperimen.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

edusentris

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Edusentris, the Journal of Teaching and Education Studies, is published by Center for Development and Publication of Scientific Work, School of Postgraduate Studies, Universitas Pendidikan Indonesia, on March, July and December. It aims to stimulate research, encourage academic exchange, and enhance ...