Edusentris: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran
Vol 1, No 1 (2014): Maret

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MATEMATIK SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN STRATEGI THINK TALK AND WRITE

Heris Hendriana (STKIP Siliwangi)



Article Info

Publish Date
13 Mar 2014

Abstract

 Penelitian ini merupakan suatu eksperimen dengan desain pos-tes kelompok kontrol yang dilaksanakan pada tahun 2011-2012 bertujuan menelaah peranan pendekatan berbasis masalah disertai denganstrategi Think-Talk-Write terhadap kemampuan pemahamanmatematik, kemampuan komunikasi matematik, dan disposisi matematik siswa SMA. Studi ini adalah substudi dari studi payung yang melibatkan sebanyak 76 siswa kelas 11 dari satu SMA Negeri di Cimahi. Instrumen penelitian ini adalah tes kemampuan pemahamanmatematik, kemampuan komunikasi matematik, dan skala disposisi matematik. Penelitian menemukan bahwa kemampuan pemahamandan komunikasi matematik siswa yang memperoleh pendekatan berbasis masalah disertai denganstrategi Think-Talk-Write tergolong cukup baik dan ini lebih baik daripada kemampuanmatematik pada siswa yang mendapat pembelajaran konvensional yang tergolong sedang. Namun tidak terdapat perbedaan disposisi matematik siswa pada kedua kelas pembelajaran dan disposisi matematik siswa tersebut tergolong cukup baik. Studi juga menemukan terdapat asosiasi antara kemampuan pemahamanmatematik dan kemampuan komunikasi matematik, namun tidak terdapat asosiasi antara kedua kemampuan matematik dan disposisi matematikKata kunci: pemahaman matematik, komunikasi matematik, kemandirian belajar, pendekatan berbasis masalah, strategi think-talk-write.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

edusentris

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Edusentris, the Journal of Teaching and Education Studies, is published by Center for Development and Publication of Scientific Work, School of Postgraduate Studies, Universitas Pendidikan Indonesia, on March, July and December. It aims to stimulate research, encourage academic exchange, and enhance ...