Edusentris: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran
Vol 6, No 3 (2019)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN EMOTIONAL SPIRITUAL QUOTIENT TERHADAP CRITICAL THINKING DAN SELF ESTEEM PADA SISWA MADRASAH ALIYAH

Wili Hena (Sekolah Pascasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia)
Amung Ma’mun (Sekolah Pascasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia)
Bambang Abdul Jabar (Sekolah Pascasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
13 Mar 2020

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran teaching games for understanding (TGFU) orisinil dan Serious Simulation Games (SSG) terhadap berfikir kritis dan harga diri. Responden dalam penelitian ini adalah 60 siswa kelas XI madrasah aliyah (MA) yang terbagi dalam kelompok ESQ tinggi dan rendah. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif eksperimen dengan teknik analisis uji perbedaan. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan rata-rata antara kelompok model pembelajaran TGFU orisinil dan SSG terhadap berfikir kritis dan harga diri. Selain itu, terdapat perbedaan rata-rata pembelajaran TGFU orisinil dan SSG terhadap berfikir kritis dan harga diri pada kelompok ESQ tinggi. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata pembelajaran TGFU orisinil dan SSG terhadap berfikir kritis dan harga diri pada kelompok ESQ rendah. Terdapat interaksi antara model pembelajaran dan ESQ terhadap berfikir kritis dan harga diri siswa. Hasil penelitian dengan model pembelajaran TGFU orisinil dan SSG terbukti memberikan pengaruh yang positif terhadap perkembangan berfikir kritis dan harga diri siswa.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

edusentris

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Edusentris, the Journal of Teaching and Education Studies, is published by Center for Development and Publication of Scientific Work, School of Postgraduate Studies, Universitas Pendidikan Indonesia, on March, July and December. It aims to stimulate research, encourage academic exchange, and enhance ...