Edusentris: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran
Vol 5, No 2 (2018): Juli

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA DALAM PERMAINAN BOLA VOLI TERHADAP KEBERANIAN DAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH PADA SISWA TUNARUNGU

Hendya Alif Junanda (Departemen Pendidikan Olahraga, Fakultas Pascasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia)
Beltasar Tarigan (Departemen Pendidikan Olahraga, Fakultas Pascasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia)
Amung Ma’mun (Departemen Pendidikan Olahraga, Fakultas Pascasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
19 Mar 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh penggunaan media dalam permainan bola voli terhadap keberanian dan hasil belajar passing bawah pada siswa tunarungu di Sekolah Luar Biasa di kota Cimahi. Metode yang digunakan adalah eksperimen. Penelitian ini melibatkan 12 siswa terdiri dari 6 siswa kelompok eksperimen dan 6 siswa kelompok kontrol. Untuk mengukur keberanian siswa digunakan lembar observasi keberanian sedangkan untuk mengukur hasil belajar digunakan test keterampilan passing bawah bola voli. Data analisis diuji menggunakan uji paired test atau uji t. Selanjutnya, dilakukan uji independent sample test untuk melihat perbedaan antara penggunaan media dengan tanpa penggunaan media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pengaruh penggunaan media pembelajaran parasut terhadap keberanian dalam melakukan passing bawah bola voli. Terdapat pengaruh pengunaan media pembelajaran parasut terhadap hasil belajar passing bawah bola voli. Penggunaan media pembelajaran parasut lebih baik daripada tanpa menggunakan media parasut terhadap keberanian siswa dalam passing bawah bola voli. Penggunaan media pembelajaran parasut lebih baik daripada tanpa menggunakan media pembelajaran parasut terhadap hasil belajar passing bawah bola voli. Temuan ini menunjukkan bahwa media pembelajaran parasut dalam permainan bola voli terbukti efektif mempengaruhi keberanian dan hasil belajar siswa tunarungu.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

edusentris

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Edusentris, the Journal of Teaching and Education Studies, is published by Center for Development and Publication of Scientific Work, School of Postgraduate Studies, Universitas Pendidikan Indonesia, on March, July and December. It aims to stimulate research, encourage academic exchange, and enhance ...