Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Guided Discovery Terhadap Hasil Belajar Matematika. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kaliwungu. Sampel penelitian ini yaitu kelas VIII D eksperimen 1, kelas VIII E eksperimen 2, VIII F kelas kontrol dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Analisis data menggunakan uji anava satu arah, uji scheffe’, dan regresi linier sederhana. Kesimpulan penelitian ini yaitu (1) terdapat perbedaan rata-rata nilai hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Funny Worksheet, Guided Discovery berbantuan Funny Worksheet dan model pembebelajaran konvensional. (2) hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Funny Worksheet lebih baik daripada siswa yang mendapat perlakuan model pembelajaran konvesional. (3) hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Guided Discovery berbantuan Funny Worksheet lebih baik daripada siswa yang mendapat perlakuan model pembelajaran konvesional. (4) tidak terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Funny Worksheet dengan model pembelajaran Guided Discovery berbantuan Funny Worksheet. (5) terdapat pengaruh positif antara keaktifan belajar terhadap hasil belajar siswa yang mendapat perlakuan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Funny Worksheet. (6) terdapat pengaruh positif antara keaktifan belajar terhadap hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Guided Discovery berbantuan Funny Worksheet
Copyrights © 2020