Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Vol 2, No 3 (2020): Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN DISCOVERY LEARNING BERBANTU PREZI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMK NEGERI 5 SEMARANG

Ardiansyah, Zanuar Krisna (Unknown)
Shodiqin, Ali (Unknown)
Muhtarom, Muhtarom (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2020

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujaun untuk mengetahui (1) perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning, model pembelajaran Discovery Learningberbantu media Prezi; (2) hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuPrezilebih baik daripada model pembelajaran konvensional; (3) hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Discovery Learning berbantuPrezilebih baik daripada model pembelajar konvensional; (4) hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuPrezilebih baik daripada model pembelajar Discovery Learningberbantu Prezi;  (5) keaktifan siswa pada model pembelajaran Problem Bases Learningberbantu Prezidan model pembelajaran Discovery Learningberbantu Prezi; (6) ketuntasan hasil belajar siswa pada model pembelajaran Problem Based Learningberbantu Prezidan model pembelaran Discovery Learning berbantuPrezi. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X. Melalui cluster random samplingterpilih sampel penelitian yaitu X TKR 2 sebagai kelas eksperimen I, X TP 1 sebagai kelas eksperimen II, dan X TP 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data  dengan menggunakan metode dokumentasi, tes, dan observasi. Hasil peneliian menunjukan: (1) Terdapat perbedanaan hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran Problem Based Learning, model pembelajaran Discovery Learningberbantu Prezi; (2) hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Basesd learningberbantu Prezilebih baik daripada model pembelajaran Konvensional; (3) hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Discovery Learningberbantu Prezilebih baik daripada model pembelajaran konvensional; (4) hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learing berbantu Prezilebih baik daripada model pembelajaran Discovery Learningberbantu Prezi; (5) keaktifan siswa pada model pembelajaran Problem Based Learningberbantu Prezi diperoleh persamaan regresi linear yaitu  dan model pembelajaran Discovery Learningberbantu Prezi diperoleh persamaan regresi linear yaitu ; (6) hasil belajar siswa pada model pembelajaran Problem Based Learningberbantu Prezimencapai ketuntasn belajar dan model pembelaran Discovery Learning berbantu Prezitidak mencapai ketuntasan belajar.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

imajiner

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika memiliki fokus utama pada pengembangan ilmu di ranah matematika dan pendidikan. Lingkup dari fokus utama tersebut meliputi pendidikan dan terapan. ...