Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan
Vol 16, No 1: Al Qalam (Januari 2022)

Pendidikan Akhlak Masa Pandemi Covid-19 Tahun 2021 Perspektif Ibnu Miskawaih (Studi Kasus di SMK Negeri 1 Pedan)

Diah Novita Fardani (UIN Raden Mas Said Surakarta)



Article Info

Publish Date
10 Jan 2022

Abstract

Karakter Islam menjadi perhatian utama para pemikir klasik Islam, atau para filosof Muslim era klasik, terutama Ibnu Miskawaih. Hal ini mengindikasikan bahwa masalah karakter menjadi bagian terpenting dalam proses pendidikan sejak dulu dan tampaknya trend pendidikan karakter kembali menjadi perhatian para pakar pendidikan bahwa pengembangan etika atau karakter tidak bisa dipisahkan dari upaya mencerdaskan kehidupan bangsa. Konsep pendidikan akhlak tersebut dilihat dari perubahan tata cara pembelajaran akibat adanya covid-19 dan bertempat di SMK Negeri 1 Pedan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dan metode analisis data yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan Konsep pendidikan Ibnu Miskawaih yang tampak sejalan dengan upaya pengembangan karakter bangsa Indonesia dewasa ini. Aktualisasi Pendidikan karakter menurut Ibnu Miskawaih di Indonesia dapat ditumbuh kembangkan sejak pendidikan dini, di mana peranan para pendidik (guru) atau orang tua sangat besar dalam pembinaan karakter peserta didik atau anak didiknya.  

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

al-qalam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

ALQALAM : Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan (P-ISSN: 1907-4174 ; E-ISSN: 2621-0681) merupakan jurnal berkala yang diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Al-Quran (STIQ) Amuntai Kalimantan Selatan yang memuat tulisan dari dosen, tenaga kependidikan, pemerhati pendidikan dan lain sebagainya. ...