Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Universitas Al Azhar Indonesia
Vol 4, No 1 (2021)

Pemanfaatan Youtube dan Edpuzzle sebagai Media Pembelajaran Daring Berbasis Video Interaktif

Nanda Lailatul Qadriani (Universitas Al Azhar Indonesia)
Sri Hartati (Universitas Al Azhar Indonesia)
Anitasa Dewi (Universitas Al Azhar Indonesia)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2021

Abstract

Pandemi Covid-19 yang menyebabkan transformasi pembelajaran luring menjadi daring menuntut pendidik untuk melakukan inovasi dalam pembelajaran. Berbagai aplikasi dan media online menjadi semakin populer untuk dijadikan media pembelajaran, diantaranya adalah Youtube dan Edpuzzle yang dapat dijadikan platform penunjang pembelajaran dengan media video yang interaktif, efektif dan menyenangkan bagi siswa. Kegiatan abdimas ini bertujuan untuk mensosialisasikan penggunaan Youtube dan Edpuzzle agar dapat menjadi referensi media pembelajaran di kelas daring. Peserta kegiatan adalah guru-guru SMA/Sederajat Wilayah Sudin I dan II Jakarta Pusat dan guru-guru MGMP Bahasa Mandarin di Jabodetabek. Pelaksanaan abdimas ini menggunakan metode ceramah untuk penyampaian materi dan praktik langsung perancangan video pembelajaran dengan Edpuzzle. Hasil dari kegiatan abdimas ini adalah guru-guru dapat membuat video pembelajaran Edpuzzle, mereka merasa pelatihan ini sangat bermanfaat dan akan menerapkannya dalam pembelajaran mata pelajaran yang mereka ampuKata kunci: Youtube, Edpuzzle, Media pembelajaran daring, Video interaktif

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JPM

Publisher

Subject

Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Public Health Social Sciences

Description

Tujuan dari publikasi jurnal ini adalah untuk menyebarluaskan pemikiran konseptual atau ide dan hasil penelitian yang telah dicapai di bidang layanan masyarakat. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Universitas Al Azhar Indonesia berfokus pada masalah utama dalam pengembangan ilmu bidang layanan ...