Dalam proses pembelajaran guru sangat berperan penting dalam menciptakan suasana belajar yang bermakna bagi peserta didik, sehingga terwujudnya pembelajaran yang menarik  dan peserta didik mendapatkan hasil belajar yang memuaskan. Keberhasilan ini tidak terlepas dari kompetensi seorang guru, salah satu kompetensi tersebut yaitu  kompetensi pedagogik dalam pelaksanakan kurikulum 2013 pada mata pelajaran PAI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru dalam pelaksanaan kurikulum 2013 pada mata pelajaran PAI kelas IV di SDIT Attin Sumbar. Metode penelitian yang digunkan pada penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus, dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil temuan pada penelitian ini yaitu peran kompetensi pedagogik guru belum berperan secara maksimal dalam melaksanakan kurikulum 2013 di SDIT Attin Sumbar   Hal ini dibuktikan ketika proses pembelajaran guru belum mampu menerapkan metode yang interaktif dalam proses pembelajaran, guru membuat RPP setelah kegiatan mengajar, guru belum menarapkan model pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum 2013, serta penilian yang dilakukan hanya terfokus kepada penilaian kognitif saja.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022