Pempek adalah kuliner khas/tradisional yang bahan utamanya berasal dari ikan giling dan paling banyak dibuat oleh Industri Rumah Tangga (Mikro), Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Palembang. Program Pengabdian kepada Masyarakat ini dilakukan pada Industri Rumah Tangga pempek Happy yang memiliki potensi brand (merk) yang dapat dikembangkan tetapi mitra kurang perhatian terhadap merk sehingga produk mitra menjadi lambat dikenal masyarakat umum. Selain itu, masalah klasik dari industri mikro adalah lingkup pemasaran produk yang terbatas. Oleh karena itu, program pendampingan diperlukan untuk meningkatkan brand awareness (kesadaran merk) dan brand equity (kekuatan merk) dari mitra sasaran dengan menerapkan strategi pemasaran branding development melalui desain label (merk) dan pemasaran digital agar branding mitra dikenal masyarakat secara luas sehingga omset penjualan pempek dapat meningkat dan mitra dapat mempertahankan kelangsungan usahanya. Hasil pelaksanaan program Pengabdian kepada Masyarakat ini ialah peningkatan pengetahuan mitra tentang branding development, peningkatan ketrampilan mitra menggunakan marketplace untuk pemasaran digital, dan peluasan jangkauan pemasaran mitra. Kata kunci: branding, kuliner, merk, pemasaran, pempek
Copyrights © 2021