Jurnal Abdimas Mandiri
Vol 5, No 2

PENGEMBANGAN BRANDING DAN PEMASARAN INDUSTRI RUMAH TANGGA PEMPEK “HAPPY” DI KOTA PALEMBANG

Nazori Suhandi (Universitas Indo Global Mandiri)
Rendra Gustriansyah (Universitas Indo Global Mandiri)



Article Info

Publish Date
08 Dec 2021

Abstract

Pempek adalah kuliner khas/tradisional yang bahan utamanya berasal dari ikan giling dan paling banyak dibuat oleh Industri Rumah Tangga (Mikro), Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Palembang. Program Pengabdian kepada Masyarakat ini dilakukan pada Industri Rumah Tangga pempek Happy yang memiliki potensi brand (merk) yang dapat dikembangkan tetapi mitra kurang perhatian terhadap merk sehingga produk mitra menjadi lambat dikenal masyarakat umum. Selain itu, masalah klasik dari industri mikro adalah lingkup pemasaran produk yang terbatas. Oleh karena itu, program pendampingan diperlukan untuk meningkatkan brand awareness (kesadaran merk) dan brand equity (kekuatan merk) dari mitra sasaran dengan menerapkan strategi pemasaran branding development melalui desain label (merk) dan pemasaran digital agar branding mitra dikenal masyarakat secara luas sehingga omset penjualan pempek dapat meningkat dan mitra dapat mempertahankan kelangsungan usahanya. Hasil pelaksanaan program Pengabdian kepada Masyarakat ini ialah peningkatan pengetahuan mitra tentang branding development, peningkatan ketrampilan mitra menggunakan marketplace untuk pemasaran digital, dan peluasan jangkauan pemasaran mitra. Kata kunci: branding, kuliner, merk, pemasaran, pempek

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

PGM

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Abdimas Mandiri merupakan jurnal yang mempublikasikan hasil kegiatan pengabdian kepada Masyarakat atau kajian dalam penuntasan masalah sosial di Masyarakat,mencakup bidang Informatika, Ekonomi, Teknik, Humaniora, Bahasa, Seni dan Desain grafis. Diterbitkan dua kali dalam satu tahun, yaitu ...