JURNAL EKONOMI PENDIDIKAN DAN KEWIRAUSAHAAN
Vol. 8 No. 2 (2020)

ANALISIS PENGARUH PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE TERHADAP TEACHING EFFICACY CALON GURU

Solihat, Ai Nur (Unknown)
Nurdianti, Raden Roro Suci (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran mengenai pedagogical content knowledge (PCK), teaching efficacydan pengaruh pedagogical content knowledge (PCK) terhadap teaching efficacy calon guru. Metode yang digunakan yakni survey eksplanatori mencakup populasi mahasiswa tingkat akhir pada FKIP Universitas Siliwangi. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah proportionate random sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif dan analisis regresi linier sederhana untuk mengetahui pengaruh Pedagogical Content Knowledge (PCK) terhadap teaching efficacy calon guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecenderungan pedagogical content knowledge (PCK) mahasiswa calon guru berada pada kategori tinggi yaitu sebesar 89,47 persen, sedangkan kecenderungan teaching efficacy calon guru berada pada kategori sebesar 86,18 persen. Pedagogical content knowledge (PCK) memiliki pengaruh yang positif pada teaching efficacy sebesar 47,1 persen.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jepk

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan (JEPK) is a scientific publication that publishes scientific articles of research, study and development in the field of economics education, entrepreneurship, and economics ...