Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus
Vol. 2 No. 1 (2018): April 2018

Pengelolaan Kelas Inklusif dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Anak Berkeasulitan Belajar

Cassandra Edward (Universitas Negeri Padang)
Asep Ahmad Sopandi (Universitas Negeri Padang)
Kasiyati Kasiyati (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2018

Abstract

Pengelolaan kelas berkaitan dengan strategi guru dalam mengatasi masalah-masalah selama pembelajaran berlangsung agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Keterampilan ini sangat dibutuhkan dalam pembelajaran terutama bagi guru yang melaksanakan pembelajaran di sekolah penyelenggara pendidikan inklusif dan tidak memiliki guru pendidikan khusus. Salah satunya SDN 26 Rimbo Kaluang Padang yang telah menyelenggarakan pendidikan inklusif dan terdapat anak berkebutuhan khusus salah satunya anak berkesulitan belajar. Maka dari itu, tujuan dari penelitian ini untuk menggambarkan bagaimana pelaksanaan pengelolaan kelas dalam pembelajaran bahasa Indonesia bagi anak berkesulitan belajar di kelas lima SDN 26 Rimbo Kaluang Padang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, yang bertujuan untuk menggambarkan keadaan yang terjadi sebagaimana adanya saat penelitian terjadi melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam melaksanakan pengelolaan kelas yang dilakukan oleh guru terhadap anak berkesulitan belajar tidak jauh berbeda dengan anak-anak pada umumnya, baik dari penyusunan rencana pembelajaran hingga pelaksanaannya dalam mengelola kelas.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jpkk

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus merupakan jurnal yang diterbitkan oleh jurusan Pendidikan Luar Biasa FIP UNP sebagai sarana publikasi ilmiah di bidang Pendidikan Kebutuhan Khusus. Jurnal akan terbit dua kali dalam satu tahun (bulan April dan November). Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus ...