JPM (Jurnal Pendidikan Modern)
Vol 7 No 2 (2022): Edisi Januari

Pemanfaatan Sumber Belajar Untuk Meningkatkan Literasi Sains Sekolah Dasar (Studi Kasus di Kecamatan Tegalrejo Yogyakarta)

Santy Dinar Permata (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, STKIP Modern Ngawi)
Tri Wardati Khusniyah (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, STKIP Modern Ngawi)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2022

Abstract

Budaya literasi merupakan salah satu kompetensi yang perlu dimiliki oleh masyarakat saat ini guna menghadapi tantangan kemajuan teknologi industri yang pesat. Pemerintah Indonesia menciptakan program Gerakan Literasi Sekolah pada semua jenjang pendidikan tak terkecuali sekolah dasar. Dalam pelaksanaan GLS memerlukan sumber belajar yang tepat guna mengoptimalkan peningkatan kemampuan literasi siswa. Penelitian ini bertujuan mengetahui sumber belajar yang digunakan pada sekolah dasar di Kecamatan Tegalrejo, Yogyakarta untuk meningkatkan kemampuan literasi sains. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara yang melibatkan guru dan siswa di kelas V SD Kecamatan Tegalrejo Yogyakarta. Data dianalisis menggunakan teknik analisis secara interaktif. Hasil penelitian menunjukkan sekolah menggunakan ragam sumber belajar dalam kegiatan GLS yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

JPM (Jurnal Pendidikan Modern) is a journal published by the Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Modern Ngawi, Indonesia. JPM (Jurnal Pendidikan Modern) encompasses research articles, original research report, reviews, and ...