Genta Mulia : Jurnal Ilmiah Pendidikan
Vol 12, No 2 (2021)

PENGEMBANGAN BUKU AJAR TEMATIK TERPADU BERBASIS MODEL DISCOVERY LEARNING KELAS IV SEKOLAH DASAR

Hary Raswel (Unknown)
Ramalis Hakim (Unknown)
Risda Amini (Unknown)
Alwen Bentri (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jun 2022

Abstract

AbstractTujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan buku ajar berbasis model Discovery Learning  yang valid, praktis, dan efektif. Menghasilkan buku ajar tematik terpadu berbasis model discovery learningdi kelas IV Sekolah Dasar yang valid. Menghasilkan buku ajar tematik terpadu berbasis model discovery learningdi kelas IV Sekolah Dasar yang praktis. Menghasilkan buku ajar tematik terpadu berbasis model discovery learningdi kelas IV Sekolah Dasar yang efektif. Penelitian pengembangan ini sesuai dengan tahap-tahap pengembangan 4-D yang terdiri dari pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (dessiminate). Validasi buku ajar dilakukan berdasarkan beberapa aspek yaitu aspek kelayakan isi, aspek kebahasaan, dan aspek kegrafikan. Hasil Validasi buku ajar dilakukan berdasarkan beberapa aspek yaitu aspek kelayakan isi, aspek kebahasaan, dan aspek kegrafikan. Hasil validasi ditinjau dari kelayakan isi memperoleh nilai rata-rata 3,36 dengan kategori  valid. Buku ajar ini dianggap sebagai inovasi baru dalam proses pembelajaran terlihat dari rata-rata respon guru 3,71 sangat praktis. Efektivitas buku ajar dalam penelitian ini, dapat dilihat dari penilaian hasil belajar dan sikap, pengetahuan dan keterampilan siswa setelah menggunakan buku ajar yang dihasilkan. Dari aspek sikap didapatkan nilai 82,26 dengan kriteria sudah membudaya. Kata Kunci: Buku Ajar, Model Discovery Learning, Penelitian Pengembangan 

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

gm

Publisher

Subject

Aerospace Engineering

Description

Jurnal Ilmiah dengan fokus semua bidang Pendidikan (pendidikan dasar hingga perguruan tinggi). Journal ini di publish secara berkala yang diperuntukkan bagi dosen, mahasiswa dan pemerhati kependidikan untuk menyebarluaskan hasil kajian, pemikiran dan penelitian yang relevan dalam bidang pendidikan ...