Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
Vol 5, No 2 (2021)

Persepsi remaja Tionghoa terhadap pembelajaran bahasa dialek Teochew

Lily Thamrin (Universitas Tanjungpura)
S Suhardi (Universitas Tanjungpura)
Tjen Veronica (Universitas Tanjungpura)
L Lusi (Universitas Tanjungpura)



Article Info

Publish Date
24 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pandangan remaja tionghoa terhadap pembelajaran Bahasa dialek Teochew. Penelitian ini bersifat deskriptif yang menggunakan instrumen berupa kuisioner. Hasil analisis kuisioner menunjukkan bahwa sikap dan presepsi anak remaja tionghoa Teochew terhadap pembelajaran bahasa dialek Teochew cenderung positif baik pada komponen pengetahuan (kognitif) maupun emosional (afektif). Dalam hal ini bahasa dialek Teochew masih dianggap penting untuk dilestarikan dan diminati untuk dipelajari oleh anak remaja tionghoa di Pontianak. Mereka merasa bangga menguasai bahasa dialek Teochew karena bahasa dialek Teochew dapat melambangkan identitas dirinya sebagai suku tionghoa yang berbahasa Teochew. Dari komponen konatif dapat di simpulkan bahwa sikap remaja tionghoa terhadap pembelajaran bahasa dialek Teochew positif, mereka lancar dalam berbahasa dialek Teochew, dan tidak akan mengurangi penggunaan bahasa dialek Teochew.

Copyrights © 2021