Pola asuh adalah suatu cara atau metode yang dilakukan oleh orang kepada anaknya agar anak tersebut dapat diarahkan sesuai yang diinginkan. Hasil pra survey pada siswa SD mengatakan 5 orang tuanya menerapkan pola asuh secara disiplin atau otoriter dan sebagian da ri siswa didapatkan 6 orang siswa memiliki konsep diri negatif. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua dengan konsep diri anak usia sekolah di SD Negeri 2 Perumnas Way Kandis Kota Bandar Lampung Tahun 2013.Desain penelitian yang digunakan adalah Descriptif Analitik Korelasi dengan menggunakan metode pendekatan Cross Sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa yang berusia 6-12 tahun di SD Negeri 2 Perumnas Way Kandis Kota Bandar Lampung Tahun 2013 yang berjumlah 120 siswa. Sampel sebanyak 92 siswa. Analisis bivariat dalam penelitian ini menggunakan Uji Chi Square.Hasil penelitian diperoleh p-value 0,036 0,05 yang artinya ada hubungan pola asuh orang tua dengan konsep diri anak usia sekolah. Saran bagi orang tua diharapkan dapat menerapkan pola asuh yang baik pada anak-anaknya sehingga anak dapat memiliki konsep diri yang baik/positif.
Copyrights © 2013