Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dapat dilakukan dengan menerapkan strategi atau metode pembelajaran efektif di kelas, memperdayakan siswa serta memanfaatkan sumber yang ada di lingkungan sekolah. Aktifitas siswa dalam kegiatan mengajar tersebut ditandai dengan pertisipasi siswa dalam melaksanakan tugas yang diberikan guru. Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui peningkatan aktifitas dan belajar siswa melalui penerapan media pembelajaran Penerapan Cisco Packet Tracer Sebagai Media Pembelajaran Jaringan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Kelas XI TKJ di SMK Percis Halmahera. Penelitian ini dilakukan sejak tanggal 1 Februari – 15 Maret 2021 dengan obyek penelitian yaitu siswa kelas XI TKJ sebanyak 30 siswa. Pada pra-siklus ketuntasan klasikal 50%, setelah tindakan penelitian pada siklus I diperoleh ketuntasan klasikal 71%. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa, meskipun pembelajar aplikasi Cisco Packet Tracer pada siklus I belum mencapai ketuntasan klasikal pembelajaran Cisco Packet Tracer dilanjutkan pada siklus II. Hasil pada siklus II diperoleh ketuntasan klasikal 86,66%, hal ini menunjukkan bahwa tercapainya ketuntasan belajar secara klasikal. Kesimpulan dalam penelitian ini bahwa model pembelajaran yang digunakan guru sangat mempengaruhi terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa, hal ini terbukti bahwa dalam penerapan Cisco Packet Tracer Sebagai Media Pembelajaran Jaringan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Kelas XI TKJ di SMK Percis Halmahera menjadi skor ketuntasan sebesar 85% secara klasikal.
Copyrights © 2022