Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)
Vol 3, No 2 (2020): September 2020

Evaluasi Aplikasi Berbasis Power Point Sebagai Sumber Belajar Pada Materi Metode Etnobiologi

Salwa Rezeqi (Universitas Negeri Medan)
Aswarina Nasution (Universitas Negeri Medan)
Abdul Rasyid Fakhrun Gani (Universitas Negeri Malang)
Elviani Br Ginting (Universitas Negeri Medan)
Emelia Ginting (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui evaluasi aplikasi berbasis power point sebagai sumber belajar pada materi metode etnobiologi. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan penggunaan aplikasi berbasis wtpptconverter pada materi metode penelitian etnobiologi. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Biologi Universitas Negeri Medan yang mengambil mata kuliah etnobiologi pada tahun 2019/2020 berjumlah 25 mahasiswa. Sampel diambil sebanyak 25 mahasiswa dengan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan posttest dan wawancara. Hasil pada penelitian ini adalah kelayakan isi aplikasi 80,5% dalam kategori layak dan kelayakan bahasa 80,8% dalam kategori layak. Hasil uji postest mahasiswa adalah 77,74% untuk pengetahuan metode etnobotani, 60,48% untuk analisis penggunaan metode, dan 74,17% untuk kepekaan terhadap masalah lingkungan dan solusinya. Berdasarkan hasil wawancara, mahasiswa tertarik menggunakan aplikasi karena memiliki tampilan dan isi yang baik, akan tetapi perlu pengembangan isi konten materi. Dan menurut mahasiswa aplikasi memudahkan mahasiswa dalam menggunakan dan menerapkan metode penelitian etnobiologi dalam kehidupannya sehari-hari. Kesimpulan pada penelitian ini adalah aplikasi sudah baik untuk diterapkan dalam pembelajaran metode penelitian etnobiologi tetapi perlu adanya perbaikan dan pengembangan lebih lanjut.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

best

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Immunology & microbiology Public Health

Description

Jurnal BEST (Journal of Biology Education, Science & Technology) memuat tentang artikel hasil penelitian dan Kajian Konseptual Bidang Pendidikan, Sains Biologi, Pendidikan Biologi, dan Teknologi Pendidikan ataupun Teknologi Sains di bidang Biologi. Terbit 2 kali setahun pada bulan Januari s/d Juni ...