Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)
Vol 3, No 2 (2020): September 2020

Perspektif Orang Tua Terhadap Kesetaraan Gender dan Inklusi Sosial Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Anak

Purwati , (Universitas Samudra)
Juliati , (Universitas Samudra)
Irma Dewi Isda (Universitas Samudra)



Article Info

Publish Date
24 Aug 2020

Abstract

Studi ini fokus pada permasalahan perspektif orang tua terhadap kesetaraan gender dan inklusi sosial dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan anak. Persfektip orang tua terhadap kesamaan pemberian hak kepada anak dalam mengenyam pendidikan dapat dipengaruhi oleh peraturan khas yang berlaku pada suatu daerah. Pola fikir orang tua dalam menentukan keputusan dianalisa melalui konsep Bourdieu yaitu habitus, kelas, modal, dan ranah. Penelitian ini dilaksanakan di Gampong Batee Puteh, Langsa. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah deskriftip kualitatif dengan tujuan untuk mengetahui lebih dalam pandangan responden terhadap masalah yang terjadi melalui ungkapan-ungkapan dan fakta-fakta dalam situasi yang natural. Data diperoleh melalui observasi dan wawancara secara mendalam. Berdasarkan  hasil penelitian diperoleh informasi bahwa setiap anak baik laki-laki maupun perempuan memiliki hak yang sama dalam pendidikan. Lembaga penyelenggara pendidikan dengan fokus pendidikan agama Islam menjadi pilihan bagi orang tua sebagai pendidikan yang harus dijalani oleh anak. Perbedaan pola fikir orang tua dalam memaknai pendidikan, tujuan, fungsi, serta manfaat yang diperoleh dari pendidikan didasari oleh ide yang muncul secara alami, perbedaan tingkat pendidikan, hubungan sosial yang terjalin dalam masyarakat, serta pemertahanan posisi keberadaan suatu keluarga dalam lingkungan sosial

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

best

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Immunology & microbiology Public Health

Description

Jurnal BEST (Journal of Biology Education, Science & Technology) memuat tentang artikel hasil penelitian dan Kajian Konseptual Bidang Pendidikan, Sains Biologi, Pendidikan Biologi, dan Teknologi Pendidikan ataupun Teknologi Sains di bidang Biologi. Terbit 2 kali setahun pada bulan Januari s/d Juni ...