Menghasilkan siswa yang berprestasi yang baik menjadi dambaan setiap lembaga pendidikan, dalam menghasilkan siswa yang berprestasi di madrasah dibutuhkan berbagai faktor penunjang salah satunya adalah motivasi belajar siswa, untuk itu dalam kajian ini peneliti ingin mengetahui dan menganalisis berkaitan dengan peningkatan motivasi belajar siswa yang dipengaruhi oleh kemampuan pengelolaan pembelajaran dan kreativitas mengajar guru di madrasah. Kajian ini dilakukan dengan menggunakan analisis kuantitatif, dengan menggunakan instrumen penelitian yang berupa angket dalam pengumpulan data terkait dengan ketiga variabel penelitian, angket penelitian di sebar kepada siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 13 Jakarta. Dari hasil kajian ini diketahui bahwa peningkatan motivasi belajar siswa dipengaruhi secara positif dan signifikan oleh kemampuan pengelolaan pembelajaran dan kreativitas mengajar guru di madrasah, adanya kemampuan pengelolaan pembelajaran serta memiliki kreativitas mengajar yang tinggi akan memberikan perubahan dan inovasi dalam proses pembelajaran yang dilaksanakan di madrasah sehingga memberikan dorongan dan semangat siswa untuk mengikuti pembelajaran dengan baik di madrasah
Copyrights © 2021