Jurnal Sitakara
Vol 7, No 1 (2022): Jurnal Sitakara

PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN TARI SAJOJO MELALUI PEMBELAJARAN SENI TARI KREASI PADA SISWA LAKI-LAKI SMA MUHAMMADIYAH 1 MUARA PADANG

Wiwik Sri Rahayu (Prodi Pendidikan Seni Pertunjukan FKIP Universitas PGRI Palembang Indonesia)
Sukardi Sukardi (Prodi Pendidikan Sejarah FKIP Universitas PGRI Palembang, Indonesia)
Fadhilah Hidayatullah (Prodi Pendidikan Seni Pertunjukan FKIP Universitas PGRI Palembang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
07 Feb 2022

Abstract

Peneliti bertujian untuk mengetahui pengaruh pengunan alat peraga tari sajojo melalui pemebelajaran tari kreasi pada siswa laki-laki kelas XI SMA M uhammadiyah 1 Muara Padang. SMA Muhammadiyah 1 Muara Padang dengan mengajarkan anak-anak laki-laki seni tari keasi. Metode Penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif, dengan menggunakan angka/numerik. Studi dengan desain pre-eksperimental. Peneliti ini menggunakan rencana yang disbut rencana pre-test dan posttest satu keompok (satu sebelum dan sesudah pengujian). Hasil penelitian menyimpulkan bahwa penerapan media pembelajaran tari sajojo melalui pembelajaran seni tari kreasi pada siswa laki-laki di kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Muara Padang. Dapat di lihat dari nilai rata-rata pre-test 66,80 dan post-test 82,10. Dari sample t-Test  paired test di bawah ini dapat dilihat bahwa sip. 0,00, yaitu kurang dari < 0,05. Kajian in ini menyimpulkan bahwa telah terjadi perubahan mendasar dalam penerapan materi pembelajaran tari sajojo pada pembelajaran siswa putra. Dengan demikian, Ha diterima dan Ho ditolak.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

sitakara

Publisher

Subject

Arts Education

Description

Sitakara Journal provides a forum to publish original research-based articles related to art education dan culture. Those scientific articles are the ones which discusses culture art and philosophy of art, curriculum, methodology, teaching and learning media, learning approaches, comparison, ...