Permasalahan yang peneliti adalah sebagai berikut: 1) masih terdapat kekurangan dan ketidakefektifan mata kuliah micro teaching dalam memberikan keterampilan mengajar kepada siswa, 2) kesiapan mental dan gramatikal anak Penjaskesrek masih kurang dalam menghadapi KPLP, 3) kompetensi pedagogik yang dimiliki oleh mahasiswa Jaskesrek Tahun Ajaran 2019/2020 masih kurang baik. 4) masih banyak siswa yang kesulitan dalam menyiapkan bahan ajar dan kesulitan dalam menggunakan media dalam pembelajaran di sekolah, dan 5) keseriusan siswa dalam proses belajar mengajar masih rendah karena yang mengajar di kelas adalah KPLP siswa. Pengajaran Kompetensi Pedagogik Mahasiswa KPLP. Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester enam tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini dilakukan di Universitas Islam Riau. Dengan teknik total sampling jenuh. Jumlah sampel jenuh dengan teknik pengambilan sampel bila semua anggota populasi dijadikan sampel, sedangkan sampel penelitian adalah 156 siswa. Persepsi mahasiswa terhadap kegiatan mata kuliah di KPLP dinyatakan dalam kategori Cukup. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata perolehan angket yaitu persepsi mahasiswa terhadap kegiatan perkuliahan di KPLP dinyatakan dalam kategori Cukup. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata perolehan kuesioner yaitu 64,10% yang berada pada kisaran 60% - 74% dalam kategori Cukup.Persepsi siswa terhadap kompetensi pedagogik di KPLP dinyatakan dalam kategori Cukup. Hal ini dibuktikan dengan perolehan rata-rata kuisioner yaitu 69. 88% yang berada pada kisaran 60% - 74% dalam kategori Cukup. Keadaan ini dikarenakan merebaknya virus COVID-19 yang membuat kegiatan KPLP di FKIP tidak efektif, khususnya Prodi PENJASKESREK.
Copyrights © 2022