This study discusses the method of tauhÄ«d (monotheism) education conducted by Prophet IbrÄhÄ«m a.s. to his family and followers. By using thematic method (mauá¸Å«â€™i) of Qur’anic interpretation, the authors try to dig methods or ways to imprint monotheistic values (tauhÄ«d) based on the story of Prophet IbrÄhÄ«m a.s. in the Qur’an. The primary data used in this study are the Al-Qur’an and 5 (five) books of tafsÄ«r (tafsÄ«r al-Miá¹£bÄh, tafsÄ«r al-Maragi, tafsÄ«r FÄ« ẒilÄl AlqurÄn, tafsÄ«r al-AzhÄr, and tafsÄ«r al-Muyassar); and secondary data are obtained from books and scientific paper related to the discussion. The results of this study shows that there are some methods used by Prophet IbrÄhÄ«m a.s. in conveying his teaching of monotheism, those are: intuitive method, rational method, TargÄ«b wa TarhÄ«b method, ‘Ibrah Mau’iẓah method, scientific method, ḤiwÄr Jadali method, demonstration /eksperimental method, and example method. These methods have implication to the development of PAI (Islamic Religious Education, IRE) learning methods in school, especially those related to the learning of monotheism.Penelitian ini membahas tentang metode pendidikan tauhid yang dilakukan Nabi Ibrahim As. dalam menghadapi keluarga dan kaumnya. Dengan menggunakan metode tafsÄ«r mauá¸Å«â€™i, penulis berusaha menggali metode atau cara menanamkan nilai-nilai tauhid berdasarkan cerita Nabi IbrÄhÄ«m As. dalam al-Qur’an. Data primer yang digunakan dalam penelitian ini adalah Alquran dan 5 kitab tafsÄ«r (tafsÄ«r al-Miá¹£bÄh, tafsÄ«r al-Maragi, tafsÄ«r FÄ« ẒilÄl Alquran, tafsÄ«r al-Azhar, dan tafsÄ«r al-Muyassar); dan data sekunder diperoleh dari buku-buku dan karya tulis ilmiah yang berkaitan dengan pembahasan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat beberapa metode yang digunakan oleh Nabi IbrÄhÄ«m As. dalam menyampaikan ajaran tauhidnya, di antaranya: metode intuitif, metode rasional, metode Targib wa Tarḥib, metode ‘Ibrah Maw’iẓah, metode ilmiah, metode ḤiwÄr Jadali, metode demonstrasi /eksperimen, dan metode keteladanan. Metode-metode tersebut memiliki implikasi terhadap pengembangan metode pembelajaran PAI (Pendidikan Agama Islam) di sekolah, khususnya pembelajaran tauhid. Kata Kunci: Ibrahim, Metode Pendidikan Tauhid, Pembelajaran PAI.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2017