Hasil belajar peserta didik rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar peserta didik kelas XII IPS 2 SMA PGRI 4 Banjarmasin pada pokok bahasan Perubahan Sosial dapat ditingkatkan melalui Strategi Pembelajaran Inkuiri Sosial.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah metode analisis kualitatif, yang intinya menekankan pada usaha penggambaran hal-hal apa saja yang berhubungan dengan meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik secara mendalam. Dengan analisis kualitatif ini peneliti menekankan pada pendalaman pokok permasalahan khususnya tentang motivasi dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Sosiologi. Sehingga bisa diketahui dan dianalisa permasalahan yang muncul dan kemudian diadakan refleksi untuk mencari alternatif pemecahannya. Proses penelitian dimulai pada bulan Agustus sampai September 2011, jumlah sampel 39 orang dari peserta didik kelas XII IPS 2 SMA PGRI 4 Banjarmasin.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar Sosiologi peserta didik kelas XII IPS 2 SMA PGRI 4 Banjarmasin selama menggunakan strategi pembelajaran inkuiri sosial dapat meningkat, (2) Respon peserta didik kelas XII IPS 2 SMA PGRI 4 Banjarmasin terhadap penggunaan strategi pembelajaran inkuiri sosial menunjukkan bahwa peserta didik senang belajar Sosiologi dengan menerapkan strategi pembelajaran inkuiri sosial.Peneliti menyarankan hendaknya guru mata pelajaran sosiologi menggunakan strategi pembelajaran Inkuiri Sosial untuk materi yang sesuai, serta diharapkan dapat menggunakan strategi pembelajaran kooperatif lainnya yang lebih menarik agar peserta didik termotivasi dalam pembelajaran sosiologi.Kata Kunci : Hasil belajar, Strategi Pembelajaran Inkuiri Sosial, Sosiologi
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2016