ABSTRAK Pendahuluan: Perkembangan bahasa adalah kemampuan anak untuk berkomunikasi, mengungkapkan perasaan, atau menyampaikan ide/keinginan. Pola asuh orang tua yang tepat akan mengoptimalkan perkembangan bahasa anak. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa hubungan antara pola asuh orang tua dengan perkembangan bahasa pada anak usia 3-4 tahun di Play Group Ananda Purin Kecamatan Patebon Kabupaten Kendal. Metode: Desain penelitian menggunakan deskriptif korelasi dan pendekatan Cross-Sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua orang tua dan anak-anak usia 3-4 tahun. Menggunakan total sampling, diperoleh 31 responden yang memenuhi kriteria inklusi. Dalam menghubungkan penelitian ini menggunakan uji Chi-Square. Hasil: Hasil penelitian ini didapatkan bahwa ada hubungan antara pola asuh orang tua dengan perkembangan bahasa (ρ=0,004 ; =0,05). Dari hasil analisa data dapat diketahui bahwa ada hubungan antara pola asuh orang tua dengan perkembangan bahasa pada anak usia 3-4 tahun. Diskusi: Penelitian selanjutnya diharapkan untuk menganalisis faktor-faktor lain yang mempengaruhi perkembangan bahasa anak yang belum dipelajari di penelitian sekarang ini. Faktor-faktor tersebut adalah komunikasi, interaksi, stimulasi, perkembangan motorik anak dan intelegensi anak. Kata kunci: Pola asuh orang tua, Perkembangan bahasa ABSTRACT Introduction: Language development is the ability to communicate, express feelings, orconveyan idea. The right parenting pattern will optimalized the child'slanguage development. Purpose: The purpose of this research was toanalyze correlation between relationship with language development children aged 3-4 yearsin the Play Group Ananda Purin Patebon Kendal District. Methods: The design of this research was a descriptive correlation. The populations were all parents and children aged 3-4 years. Using Total Sampling, it was obtained 31 respondents who fulfilled inclution criteria. Result: The result of this studi was statistically significan cerelationship between parenting pattern with language development (ρ=0.004 ; =0.05). Trend analysis with qualitative approach showed that a relationship between parenting pattern was language development in children aged 3-4 years. Discussion: The researched suggests that to analyze other factors that affect the development of children's language that has not been studied in the current research. These factors are communication, interaction, stimulation, motor development of children and child intelligence. Keywords: Parenting parents, Language development
Copyrights © 2018