JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT
Vol 9 No 4 (2021): Vol.9 No.4 2021

PENGARUH MODEL PROBLEM BASED INTRUCTION PERSERTA DIDIK AKUNTANSI BANK SMKN 1 PINRANG

Desy Hardi Yanti (Unknown)
Muh. Yahya (Unknown)
Muh. Fahreza (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Oct 2021

Abstract

Penelitian Quasi Experimental (Eksperimen Semu).Desain eksperimen menggunakan Pre-test dan Post-test (Control Group Design)bertujuan mengetahui perbandingan pemahaman konsep materi bank umum dan bank perkreditan rakyat, model pembelajaran Problem Based Intruction (PBI) dan model pembelajaran konvensional peserta didik kelas X akuntansi 1 SMKN 1 Pinrang. Satuan eksperimennya siswa kelas X akuntansi 1 dan kelas X akuntansi 2. Teknik pengambilan sampel teknik purposive sampling.Untuk kelas X akuntansi 1 sampel model pembelajaran Problem Based Intruction (PBI) dan kelas X akuntansi 2 sampel model pembelajaran kovensional.Pengumpulan data melalui Tes dan Dokumentasi.Teknik analisis data uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis.Hasil penelitian penerapan Model Pembelajaran Problem Based Intruction pada materi bank Umum dan bank perkreditan rakyat kelas X AKL 1 SMKN 1 Pinrang berhasil. Dilihat dari kenaikan rata-rata (mean) pre-test dan post test untuk kelas eksperimen (X AKL 1) yaitu 16,97% sedangkan kenaikan rata-rata (mean) pre-test dan post test untuk kelas kontrol (X AKL 2) yaitu 5,23%.Hasil analisis terbukti ada perbandingan pemahaman konsep peserta didik dengan model pembelajaran Problem Based Intruction (PBI) dan model pembelajaran konvensional pada materi bank umum dan bank perkreditan rakyat kelas X Akuntansi 1 SMKN 1 Pinrang, berpengaruh positif terhadap tingkat pemahaman konsep peserta didik.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ED

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Arts Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Education and Development merupakan publikasi karya ilmiah dari hasil penelitian, pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan, baik sosial, budaya dan lingkungan. Sebagai upaya untuk mewujudkan visi dan misi di Perguruan Tinggi. Jurnal Education and development mewadahi hasil pemikiran dan ...