Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain multimedia pembelajaran model drill and practice. Konsep fisika tentang suhu dan kalor menjadi materi dalam multimedia yang dikembangkan. Metode penelitian ini adalah Research and Development dengan model desain pengembangan ADDIE. Subjek dalam penelitian adalah multimedia pembelajaran model drill and practice. Sebanyak 41 peserta didik kelas VII SMP dilibatkan dalam tahap implementasi dan evaluasi produk. Pengumpulan data menggunakan instrumen observasi, wawancara dan kuesioner. Hasil penelitian diperoleh: (1) Desain multimedia pembelajaran model drill and practice dikembangkan menggunakan model desain ADDIE termodifikasi dengan struktur A-D-D-IE. Desain multimedia pembelajaran model drill and practice divalidasi oleh tiga orang ahli mencakup validasi desain, materi dan media. Hasil validasi diperoleh rata-rata skor pada desain 3,69; materi 3,67; dan media 3,37 dengan kriteria sangat baik. (2) Profil multimedia pembelajaran yang dikembangkan adalah multimedia dengan model drill and practice memuat pemberian latihan soal secara berulang. Berdasarkan hasil kuesioner pada tahap implementasi dan evaluasi diperoleh rata-rata skor hasil uji one to one sebesar 11, uji kelompok kecil (small group trial) sebesar 33 dan uji lapangan (field trial) sebesar 99 dengan kriteria sangat setuju.
Copyrights © 2021