Era globalisasi seperti saat ini membutuhkan sumber daya manusia yang berkulialitas. Salah satu penyiapan sumber daya manusia yang berkualitas dapat dilakukan dengan memberikan pendidikan sanis. Literasi sains menjadi tolak ukur keberhasilan pembelajaran sains di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat literasi sains Buku Siswa Kelas 4 Tema 6 Kurikulum 2013 yang menekankan pada 4 aspek yaitu sains sebagai batang tubuh ilmu pengetahuan, sains sebagai jalan untuk menyelidiki, sains sebagai cara berpikir, serta interaksi sains, teknologi dan masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara garis besar buku yang dianalisis lebih menampakkan aspek sains sebagai batang tubuh ilmu pengetahuan dan sains sebagai jalan untuk menyelidiki. Persentase untuk aspek sains sebagai batang tubuh ilmu pengetahuan dan sains sebagai jalan untuk menyelidiki sama yaitu 33%. Aspek sains sebagai cara berpikir memiliki persentase sebasar 31% dan interaksi sains, teknologi dan masyarakat memiliki persentase sebesar 3%. Secara keseluruhan ke empat aspek literasi sudah direflesksikan namun ada beberapa sub indikator aspek yang tidak muncul.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022