Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui wacana keterampilan abad 21 secara komprehensif. Pengetahuan tersebut merupakan modal dasar paradigma pendidik untuk mengembangkan peserta didik terampil sesuai dengan zamannya. Mengingat realitas pendidik yang enggan untuk benar-benar menggunakan teknologi yang dimiliki dan bahkan dimiliki oleh setiap anak. Keengganan ini mungkin disebabkan oleh technophobia, skeptisisme atau alasan lain. penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pendekatan kualitatif menekankan analisisnya terhadap data deskriptif. Data yang terkumpul akan dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif yang terdiri dari tiga kegiatan utama, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan dengan menggali makna yang terdalam secara sistematis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi digital harus dimiliki oleh pendidik untuk menyajikan konten baru dalam pembelajaran abad ke-21melalui litesi sains. Kompetensi digital adalah kemampuan baru bagi pendidik dalam pembelajaran abad 21. Kompetensi digital menunjukkan penggunaan informasi dan teknologi komunikasi berdasarkan prinsip-prinsip pedagogis dengan menyadari implikasinya untuk pendidikan. Kompetensi digital meliputi penguasaan informasi dan komunikasi, menciptakan konten pembelajaran, dan memecahkan masalah pendidikan.
Copyrights © 2022