JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT
Vol 10 No 1 (2022): Vol.10. No.1 2022

PENGARUH PELATIHAN MOTIVASI DENGAN METODE EKSPERIMEN TERHADAP PRESTASI BELAJAR DI MASA PENDEMI COVID-19

Adhisty Wisudaningtyas (Universitas Semarang)
LRini Sugiarti (Universitas Semarang)



Article Info

Publish Date
04 Jan 2022

Abstract

Investigasi dampak pelatihan motivasi pada pembelajaran siswa selama pandemi Covid 19 sedang dilakukan. Penelitian ini melibatkan 33 siswa dari tiga kelas IPA dan dua kelas IPS. Metode eksperimen yang digunakan untuk pengumpulan data termasuk pre-test dan post-test sebagai kontrol dan kelompok eksperimen, masing-masing. Menggunakan uji normalitas untuk menilai apakah data terdistribusi normal atau tidak adalah pendekatan umum dari analisis data. Dalam hal analisis data, uji normalitas adalah uji statistik pertama yang dilakukan. Uji t dan uji korelasi digunakan dalam uji hipotesis. Pada pretest nilai terendah adalah 50, sedangkan nilai maksimum adalah 70; pada post-test, skor terendah adalah 60 dan yang tetinggi adalah 90. Uji normaliats Prestasi siswa dan hasil pelatihan motivasi didapatkan terdistribusi normal. Penelitian juga menemukan Motivasi siswa mempunyai pengaruh yang nyata terhadap prestasi belajar siswa tersebut.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ED

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Arts Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Education and Development merupakan publikasi karya ilmiah dari hasil penelitian, pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan, baik sosial, budaya dan lingkungan. Sebagai upaya untuk mewujudkan visi dan misi di Perguruan Tinggi. Jurnal Education and development mewadahi hasil pemikiran dan ...