Buana Matematika : Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika
Vol 11 No 2 (2021)

Pengaruh Penguasaan Konsep Aljabar dan Adversity Quetiont Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Siswa Kelas XI SMK Muhammadiyah Ambon

Lestari, Ayu (Unknown)
Ajeng Gelora Mastuti (Unknown)
Fahruh Juhaevah (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah pengaruh penguasaan konsep aljabar dan adversity quotient terhadap kemampuan pemecahan masalah pada siswa kelas XI SMK Muhammadiyah Ambon. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif, metode penelitian yang diterapkan adalah ex post facto. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Muhammadiyah Ambon yang berjumlah 25 orang siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa, ada pengaruh yang signifikan penguasaan aljabar dan adversity question terhadap pemecahan masalah pada materi persamaan kuadrat siswa kelas XI SMK Muhammadiyah Ambon yang ditunjukkan dengan hasil analisis uji-t antara variabel Penguasaan Konsep Aljabar dan Adversity Question terhadap variabel Kemampuan Pemecahan Masalah di peroleh nilai sig. 0.01 < 0,05, dan nilai t hitung 5.648 > 1.319.Dengan demikian Besar pengaruh penguasaan aljabar dan adversity question terhadap pemecahan masalah pada materi persamaan kuadrat siswa kelas XI SMK Muhammadiyah Ambon diperoleh sebesar 34% sedangkan 66% dipengaruhi variabel lain selain variabel Penguasaan Aljabar dan Adversity Question. Kata Kunci: Penguasaan Aljabar, Adversity Question dan Pemecahan Masalah

Copyrights © 2021