Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas hasil belajar siswa denganpenggunaan sebuah diskusi kelompok. Penelitian ini dilakukan pada kelas VII di SMPN 1 SungaiKunyit Kabupaten Pontianak tahun pembelajaran 2013/2014 dengan menggunakan metodepenelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian sebanyak 31 siswa kelas VII yang dipilih secararandom sampling. Data dikumpulkan dengan tes, kemudian dilakukan tindakan menggunakanpenelitian tindakan kelas. Tindakan penelitian dilakukan sebanyak 3 siklus dengan materi sejarahperkembangan proklamasi kemerdekaan. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan,tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa sebelumdilakukan tindakan tidak ada satu siswa yang mencapai tingkat ketuntasan. Setelah dilaksanakantindakan pada siklus 1, belum terjadi peningkatan hasil belajar menggunakan metode diskusikelompok sebesar 58,50. Pada pelaksanaan siklus 2, terjadi peningkatan sebesar 67,09 dan hasilpelaksanaan siklus 3 terjadi peningkatan yang sangat signifikan menjadi sebesar 76,93 danmelampaui kriteria ketuntasan minumum (KKM) yang ditetapkan oleh sekolah atau mata pelajaranPKn yakni 7.00. Simpulan penelitian ini bahwa diterapkannya metode diskusi kelompok dalampembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) di SMPN 1 Sungai Kunyit Pontianak dapatmeningkatkan hasil belajar pada siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2014