Jurnal Leverage, Engagement, Empowerment of Community (LeECOM)
Vol. 3 No. 2 (2021): Jurnal Leverage, Engagement, Empowerment of Community (LeECOM)

Workshop Computational Thinking untuk Guru SD, SMP dan SMA oleh Biro Bebras Universitas Ciputra Surabaya

Wonohadidjojo, Daniel Martomanggolo (Unknown)
Citra, Caecilia Citra (Unknown)
Tanamal, Rinabi (Unknown)
Soekamto, Yosua Setyawan (Unknown)
Maryati, Indra (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2021

Abstract

Pada periode tahun 2000 hingga 2018 dapat diketahui bahwa meskipun terjadi kenaikan pada nilai Programme for International Student Assesment untuk Indonesia tetapi nilai Indonesia relatif turun pada semua bidang. Cara berpikir Computational Thinking (CT) menggunakan pendekatan pemrosesan informasi dengan cara penalaran, pemikiran procedural dan algoritmik serta rekursif. Diharapkan dengan naiknya kemampuan analitik yang mendasari (CT), rating Indonesia untuk tes internasional seperti test PISA dapat meningkat. Bebras Indonesia adalah suatu komunitas CT yang didirikan di Indonesia. Pada bulan April 2021, Biro Bebras Universitas Ciputra Surabaya dalam Gerakan PANDAI dengan dukungan Google.org memberikan workshop kepada para guru SD, SMP dan SMA. Metode yang digunakan pada workshop ini terdiri dari 3 tahap yaitu penjelasan konsep dan materi CT serta resources yang digunakan, penjelasan aplikasi CT pada kehidupan sehari-hari, dilanjutkan dengan penjelasan dan latihan untuk menerapkan CT pada matapelajaran tiap peserta dalam konteks micro teaching, dan terakhir adalah peserta menjalankan tugas menerapkan pada matapelajaran di sekolah masing-masing dalam konteks Micro Teaching dan melaporkan hasilnya. Berdasarkan survey yang dilaksanakan didapatkan bahwa pada 3 hari workshop peserta menyatakan setuju dan sangat setuju bahwa topik pada worksjop tersebut berkaitan dengan pekerjaan mereka. Pada tahap Micro Teaching para peserta berhasil menerapkan CT pada matapelajaran di sekolah masing-masing. Para peserta telah berhasil mengumpulkan tugas-tugas yang diberikan yang menggambarkan bahwa workshop ini telah berjalan dengan baik dan menunjukkan keberhasilan guru-guru dalam menerapkan CT pada matapelajaran di sekolah-sekolah masing-masing.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

LeECOM

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

Jurnal Leverage, Engagement, Empowerment of Community (LeECOM) (p-ISSN 2686-2786 and e-ISSN 2685-8630) is published twice a year in the months of May and November. It publishes manuscripts within the fields of entrepreneur and community service. Jurnal Leverage, Engagement, Empowerment of Community ...