Jurnal Kolaboratif Sains
Vol. 4 No. 4: APRIL 2021

Peranan Tutor dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Program Paket C di SPNF-SKB Kasintuvu Kelurahan Talise Kecamatan Palu Timur Kota palu: The Tutor Role to Increase Student Learning Interest of Paket C Program at SPNF-SKB Kasintuvu Of Kota Palu

Nursiasa (Program Studi PLS, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palu)
Muh. Asri Hente (Program Studi PLS, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palu)
Syamsidar (Program Studi PLS, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palu)



Article Info

Publish Date
15 Apr 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Peranan tutor dalam meningkatkan minat belajar peserta didik program paket C, (2 Faktor penghambat dalam meningkatkan minat belajar peserta didik program paket C, dan 3) Upaya tutor dalam meningkatkan minat belajar peserta didik program paket C. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian yaitu penyelenggara program kesetaraan dan tutor kesetaraan paket C SPNF-SKB Kasintuvu Kota. Metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan verifikasi pengambilan kesimpulan, sumber data. Trianggulasi dilakukan untuk menjelaskan keabsahan data dengan menggunakan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Peranan tutor dalam meningkatkan minat belajar kepada peserta didik paket C, yaitu dengan memberikan motivasi secara pribadi dengan menjelaskan kepada mereka bahwa manfaat dalam mengikuti program paket C sangatlah besar bagi mereka sendiri. 2) Faktor penghambat yang dihadapi tutor dalam meningkatkan minat belajar peserta didik program paket C, antar lain: (a) Faktor External (dari lingkungan) (b) Faktor Internal (dari dalam diri peserta didik). 3) Upaya tutor dalam meningkatkan minat belajar peserta didik program paket C (a) Penguasaan bahan ajar melalui: 1. Variasi dan jumlah rujukan materi ajar dalam mengaja, totor menggunakan beberapa metode dalam mengajar seperti metode ceramah, tanya jawab, kerja kelompok., 2 Kemampuan tutor dalam mejelaskan materi ajar, 3 Kemampuan membangkitkan keiginan bertanya pada diri peserta didik, 4. Kemampuan menjawab pertanyaan peserta didik. (b) Dilihat dari sisi penerapan strategi ajar meliputi: 1. Penggunaan metode bervariasi, 2. Menggunakan media, 3. Memberi motivasi, 4. Mendisiplinkan serta mengelola kelas dengan baik.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JKS

Publisher

Subject

Religion Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Environmental Science Health Professions Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Medicine & Pharmacology Nursing Public Health Other

Description

Jurnal Kolaboratif Sains merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Universitas Muhammadiyah Palu. Jurnal ini menerima artikel ilmiah dalam bentuk Hasil Penelitian, Laporan Penelitian, Literatur Review. Semua manuskrip yang dikirimkan adalah peer review oleh para ahli di bidang yang relevan. Tujuan dan ...