Program Penelitian dan Pengabdian ini dibuat dan dikembangkan bertujuan untuk mencapai peningkatan hasil pembelajaran siswa yang secara khusus mematangkan perencanaan karir melalui penyusunan mapping melalui aplikasi imindmap v4 secara daring. Ini berkaitan dengan pelaksanaan bimbingan karir yang merupakan bantuan yang diberikan kepada individu untuk memilih, mempersiapkan diri dan memangaku suatu jabatan serta mendapat jabatan kemajuan dalam jabatan yang dipilihnya itu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Quasi Experimental dengan desain Non-equivalent Control Group Design. Sampel dalam penelitian berjumlah 40 peserta didik kelas XII IPS di SMA Muhammadiyah 07 Serbelawan yang memiliki perkembangan karir dalam kategori sangat rendah dan rendah. Temuan penelitian memperlihatkan bahwa dengan korelasi yang diperoleh dari tampilan luaran SPSS model summary 20.00 menunjukkan besarnya hasil uji hipotesis diperoleh t-hitung = 3,869 dan t-tabel = 1.684 sehingga diperoleh hasilĀ t-hitung > t-tabel (3,869 > 1.684) dengan koefisien korelasi 0,931 yang menunjukkan adanya pengaruh yang positif sehingga menghasilkan kesimpulan bahwa metode mind mapping dalam perencaan karir secara signifikan memberikan pengaruh terhadap kematangan perencanaan karir siswa.
Copyrights © 2022