Jurnal Magister Pendidikan Matematika (JUMADIKA)
Vol 3 No 2 (2021): Jurnal Magister Pendidikan Matematika (JUMADIKA)

DAMPAK SELF-EFFICACY TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA

Nurhanurawati, Nurhanurawati (Unknown)
Widyastuti, Widyastuti (Unknown)
Ramadhan, Riyan (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Sep 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh self-efficacy terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 20 Bandar Lampung tahun pelajaran 2020/2021 yang terdistribusi dalam sepuluh kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IX F sebanyak 30 siswa yang dipilih menggunakan teknik cluster random sampling. Desain yang digunakan adalah desain penelitian kausal komparatif. Data penelitian ini berupa data kuantitatif yang diperoleh dari pengisian instrumen angket self-efficacy dan tes kemampuan komunikasi matematis yang merupakan data primer. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier sederhana dengan a = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas siswa memiliki kemampuan komunikasi matematis dan self-efficacy yang cukup tinggi dan semakin tinggi self-efficacy siswa maka kemampuan komunikasi matematis siswa juga semakin tinggi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah self-efficacy siswa memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa, dengan 63,1% variabilitas kemampuan komunikasi siswa dapat dijelaskan oleh self-efficacy

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jumadika

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

JUMADIKA (Jurnal Magister Pendidikan Matematika) is provided for writers, teachers, students, professors, and researchers, who will publish their research reports or their literature review articles (only for invited contributors) about mathematics education and its instructional. Start from Mey ...